Implementasi Metode Berprogama Penemuan dan Ceramah Terhadap...

ABSRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberhasilan pelaksanaan metode pembelajaran antara metode berprograma, penemuan dan penemuan pada pokok bahasan Kinematika Gerak Lurus dan mengetahui metode mana yang memiliki kontribusi besar antara penggunaan metode berprograma, penemuan dan ceramah terhadap prestasi belajar siswa kelas 1 semester1 SMU 1 Temon Kulon Progo, Yogyakarta tahun pelajaran 2004/2005.
Penelitian ini merupakan penelitian expost facto yakni pengumpulan data dilakukan setelah kejadian berlangsung. Penelitian ini akan dicari efek penggunaan metode pembelajaran dengan menggunakan metode berprograma, penemuan dan ceramah terhadap prestasi belajar siswa. Jumlah tiap kelas 36 siswa, kemudian sample yang diambil dalam penelitian setiap kelas 36 siswa. Terdiri dari kelas 1A, sebagai kelompok pembelajaran dengan metode berprograma, kelas 1B dengan metode penemuan dan 1C dengan metode ceramah.
Data penelitian yang terdiri dari kemampuan awal dan kemampuan akhir dari tes prestasi belajar siswa. Tekhnik analisa data yang digunakan Uji F (ANAVA A). Dari hasil ANAVA A rerata skor tertinggi (22,23) untuk metode penemuan, (20) dengan metode berprograma dan (17,67) dengan metode ceramah, kemudian dari hasil perehitungan, kenaikan skor antara rerata tes awal dan rerata tes akhir diketahui skor tertinggi (10,14) untuk metode penemuan, (7,25) untuk metode berprograma dan (4) untuk metode ceramah, sehingga dapat diartikan bahwa kontribusi terbesar peningkatan prestasi belajar siswa dan metode pembelajaran setelah dibandingkan dengan metode yang lain dilihat dari kenaikan skor tertinggi dicapai oleh metode pembelajaran dengan menggunakan metode penemuan, kemudian metode berprograma dan terendah dicapai oleh metode ceramah, untuk pokok bahasan Kinematika Gerak Lurus kelas1 semester 1 SMU Temon Kulon Progo Yogyakarta.
File Selengkapnya.....

Sponsor

Pengikut