Pemanfaatan Mouse Optik Komputer Sebagai Sensor Untuk Menentukan Letak Suatu Robot

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi bidang instrumentasi dan kendali saat ini mengalami kemajuan yang sangat pesat. Berbagai macam inovasi penting telah banyak dilakukan. Hal ini berimbas juga pada institusi Perguruan Tinggi sebagai tempat untuk mencetak tenaga profesional yang berusaha mengikuti perkembangan yang ada diluar. Kegiatan laboratorium instrumentasi dan kendali dilakukan untuk mengkaji dan mengamati karakteristik berbagai piranti sensor, tranduser dan detektor serta aplikasinya. Instrumentasi dan kendali menjadi sebuah bidang yang banyak diadakan penelitian dan pengembangan, tetapi pelaksanaannya tidak dapat dilaksanakan secara optimal karena sulit untuk menerapkan berbagai piranti tersebut. Jika ada secara ekonomis harganyapun relatif mahal.
Optik mouse komputer memiliki kemiripan dengan piranti tranduser karena memiliki sebuah sensor semikonduktor yang dinamakan CCD (Change Coupled Display) yang bekerja mengubah intensitas cahaya ke berkas elektron yang kemudian diolah kamera chip yang terintegrasi di dalam optik mouse. Prinsip kerja optik mouse tersebut memiliki kesamaan dengan A/D converter (www.chipmunk.nl/promouse/part6-9-10.html. Tanggal download: Sabtu, 10 Juli 2006. Jam : 22:11:46 WIB). Berdasarkan karakteristik tersebut maka optik mouse komputer dimungkinkan untuk dikembangkan menjadi sebuah piranti sensor.
Hal inilah yang menarik untuk memanfaatkan mouse optik komputer sebagai sensor dan mengaplikasikannya dalam bidang instrumentasi dan kendali serta dapat dipergunakan untuk kelengkapan unit-unit praktikum bidang instrumentasi dan kendali maupun untuk penelitian.
Oleh karena itu yang diteliti adalah pemanfaatan mouse optik komputer sebagai sensor untuk menentukan posisi letak suatu robot. Berdasar paparan tersebut diatas dibuat penelitian dengan judul: ”Pemanfaatan Mouse Optik Komputer Sebagai Sensor Untuk Menentukan Posisi Letak Suatu Robot”.

B. Permasalahan
Pemanfaatan mouse optik komputer adalah aplikasi yang masih jarang digunakan sebagai sensor. Untuk itu perlu dilakukan penelitian pada piranti ini dan masih terbuka untuk pengembangannya secara luas.
Mouse optik adalah mouse yang menggunakan sensor cahaya serta lampu LED merah di bawahnya sebagai pencahaya. Sensor pada mouse optik mampu menangkap gambar dengan kecepatan 1500 frame per detik sampai 7000 frame per detik. Dengan kecepatan mencapai 45 inci per detik dengan resolusi 2000 count per inci (cpi).
Karakteristik mouse optik komputer mampu menjejak dasar letak suatu objek berdasar frame. Permasalahan yang timbul pada penelitian ini adalah:
File Selengkapnya.....

Sponsor

Pengikut