Sistem Informasi Akademik Pada Lembaga Pendidikan Dan Pengembangan Manajemen (LP2M) El Rahma Beng

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Sejalan dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat maka tuntutan didalam memberikan informasi yang cepat, tepat dan akurat pada perusahaan, rumah sakit, yayasan pendidikan dan instansi pemerintah sudah dan harus menerapkan sistem komputerisasi sebagai sarana utama dalam menangani kendala-kendala yang dihadapi dalam pekerjaan. Semakin tinggi tingkat ketelitian dalam pengolahan data suatu perusahaan/instansi, semakin tinggi pula tingkat keefisienan dan keefektifan informasi yang dihasilkan.
Berbagai aplikasi komputer saat ini bermunculan, mulai dari aplikasi yang mempermudah dalam hal perhitungan sampai aplikasi yang menyediakan sarana pengolahan data. Aplikasi-aplikasi ini semuanya memiliki tujuan yang sama yaitu ingin mempermudah pekerjaan setiap pengguna komputer. Tak dapat dipungkiri kegunaan komputer sangat diperlukan oleh setiap orang dalam setiap aspek kehidupan manusia. Komputer bukanlah hal yang asing bagi semua orang saat ini. Kemudahan yang diberikan oleh fasilitas-fasilitas yang disediakan komputer menuntut setiap orang untuk dapat menggunakan komputer. Kemajuan ilmu pengetahuan yang berorientasi pada pengembangan teknologi dan informasi merupakan bagian dari kehidupan masyarakat dunia saat ini sebagian besar dari masyarakat dunia ini sudah tentu tidak ingin ketinggalan teknologi dan informasi.
Lembaga Pendidikan Dan Pengembangan Manajemen (LP2M) El Rahma Bengkulu yang merupakan salah satu lembaga pendidikan di Kota Bengkulu setiap tahun menerima mahasiswa baru namun selama ini pengelolaan data mahasiswa masih bersifat manual dan data mahasiswa tersebut baru dikelola dengan menggunakan Microsoft Word dan Microsof Excel, Berdasarkan hal tersebut, maka penulis tertarik untuk membuat sebuah sistem komputerisasi dalam penyajian informasi akademik.
Dengan adanya sistem ini diharapkan dapat mempermudah dan membantu pihak lembaga dalam penyajian dan pemberian informasi yang diperlukan, maka penulis akan membahas suatu sistem informasi pada Lembaga Pendidikan Dan Pengembangan Manajemen (LP2M) El Rahma Bengkulu dengan judul “Sistem Informasi Akademik Pada Lembaga Pendidikan Dan Pengembangan Manajemen (LP2M) El Rahma Bengkulu”.

1.2. Maksud dan Tujuan
Tujuan utama diadakannya serta dilakukannya penelitian ini adalah untuk merancang serta mengimplementasikan suatu sistem berbasis komputer pada yang gunanya untuk mempermudah dalam memperlanjar kegiatan-kegiatan di dalam pengolahan data mahasiswa.
Secara khusus dilakukannya penelitian ini bertujuan antara lain :
1. Membangun sistem untuk menggantikan sistem yang berjalan pada saat ini.
2. Mempermudah dalam hal pengolahan data mahasiswa.
3. Mempermudah pencarian data dan penyajian informasi yang diperlukan.
4. Memberikan informasi dan laporan yang cepat kepada pimpinan dan pihak yang membutuhkan.
5. Sebagai masukan bagi Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Manajemen (LP2M) El Rahma Bengkulu dalam menjalankan kegiatan operasionalnya.

1.3. Identifikasi Masalah
Proses penginputan dan pengolahan data mahasiswa pada Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Manajemen (LP2M) El Rahma Bengkulu masih dilakukan secara manual. Hal ini membuat proses pengolahan data memerlukan waktu yang lama. Tidak hanya penggunaan waktu yang tidak efisien, kendala-kendala yang dihadapi pun masih menghambat pengolahan data seperti duplikasi data atau kesulitan saat terjadi perbaikan kesalahan.
Sesuai dengan penjelasan dan uraian pada sub-bab latar belakang, maka penulis menentukan identifikasi masalah sebagai berikut
File Selengkapnya.....

Sponsor

Pengikut