Studi Eksperimental Karakteristik Aliran Melintasi Dua Silinder Segi Delapan (Oktagonal)Yang Tersusun Longitudinal (Tandem)

ABSTRAK

Pada aliran fluida yang melintasi silinder tunggal menunjukkan bahwa boundary layer yang terjadi adalah simetri antara sisi atas dan sisi bawah dari permukaan silinder. Akan tetapi lain halnya jika aliran melintasi dua silinder yang tersusun berkelompok. Diduga bahwa bahwa boundary layer tidak menunjukkan kesimetrian lagi pada kedua sisi permukaan silinder sebagai akibat dari penyusunan silinder. Hal ini sangat menarik untuk dikaji lebih lanjut.
Untuk membuktikan fenomena itu dilakukan eksperimen dengan menggunakan dua model silinder oktagonal disusun secara transversal dengan variasi kecepatan aliran free stream pada Re=40738 dan Re = 59787 dan jarak pitch longitudinal (L/D=1,1, L/D=1,33, L/D=1,67, L/D=2, L/D = 2,33, L/D = 2,67, dan L/D = 3). Model tersebut akan di uji di wind tunnel subsonic low speed. Pengujian ini dilakukan untuk mendapatkan distribusi koefisien tekanan (Cp) pada tiap silinder dengan memasang pressure tap pada permukaan silinder, karakteristik kecepatan aliran di belakang silinder dengan memasang pitot tube di belakang body, dan Coefisien of Drag dengan mengukurnya pada lift and drag balance.
Hasil eksperimen menunjukkan bahwa Cp dari kedua silinder tidak sama pada setiap variasi jarak. Cd yang dihasilkan pada tiap silinder tersusun longitudinal lebih besar daripada Cd silinder yang tersusun tungga
File Selengkapnya.....

Sponsor

Pengikut