Pengaruh Economic Value Added Dan Profitabilitas Perusahaan Terhadap Return Pemegang Saham

ABSTRAK

Penelitian ini menganalisis pengaruh pengukuran kinerja dengan metode tradisional dan metode EVA terhadap Return Saham pada perusahaan manufaktur di Bursa Efek Jakarta. Sampel yang digunakan adalah perusahaan manufaktur yang aktif di perdagangan Bursa Efek Jakarta dari tahun 2001-2003 dan selalu membagikan deviden selama periode pengamatan. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan menggunakan program SPSS 11.
Penelitian ini menggunakan variabel dependen Return Saham, sedangkan variabel independennya adalah Economic Value Added (EVA), Return on Assets (ROA), dan Return on Equity (ROE).
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa rasio profitabilitas dan EVA tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan. Hal ini kemungkinan karena beberapa faktor, yaitu, para pelaku pasar kurang memperhatikan aspek fundamental untuk melakukan keputusan investasi di Bursa Efek Jakarta, Investor di Indonesia yang ingin mendapatkan keuntungan yang cepat dalam jangka pendek.File Selengkapnya.....

Sponsor

Pengikut