Pengaruh Event Sponsorship Terhadap Brand Image Rokok Sampoerna A-Mild PT.HM SAMPOERNA TBK

ABSTRAK
Event/sponsorship yang dilakukan oleh PT HM Sampoerna memang diakui sebagai bentuk promosi yang cukup menonjol, dan mendapatkan banyak perhatian, event/sponsorship besar berskala nasional dengan kemasan yang unik dan menarik. Keunikan event/sponsorship di maksudkan untuk menciptakan dan meningkatkan brand image rokok Sampoerna A-mild. Dengan brand image yang kuat akan membedakan perusahaan dengan pesaing, karena brand image suatu perusahaan tidak dapat disamakan dengan brand image perusahaan lain. Untuk membangun citra positif di benak konsumen, maka pesan-pesan yang ingin disampaikan perlu dikomunikasikan kepada target sasaran. informasi-informasi tersebut dapat dikomunikasikan melalui strategi promosi yang tepat untuk perusahaan. Penulis melakukan penelitian dengan judul: Pengaruh Event/Sponsorship Terhadap Brand Image Rokok Sampoerna A-Mild PT.HM.Sampoerna Tbk.
Penelitian menggunakan metode survey, dengan menetapkan jumlah anggota sampel sebanyak 30 sampel. Dari hasil penelitian bahwa pelaksanaan Event/Sponsorship yang dilakukan PT.HM Sampoerna Tbk. tidak menjadikan sebagai jalan utama promosi, karena promosi penjualan yang dilakukan selain melalui iklan media televisi yang kerap ditayangkan dengan berbagai tema juga melalui bilborad dan yang terpenting promosi diarahkan pada distributor, pengecer, pelangan dan tenaga penjualan. Sedangkan pelaksanaan event/sponsorship yang dilakukan PT.HM Sampoerna Tbk menurut tanggapan responden dapat dikatakan baik, karena nilai rata-rata dari keseluruhan pernyataan adalah sebesar 4,09 berada pada interval 3.40 – 4.19.
Brand image rokok Sampoerna A-mild dimata konsumen dapat dikatakan cukup baik, karena nilai rata-rata dari keseluruhan pertanyaan adalah sebesar 3,08 berada pada interval 2.60 – 3.39. namun masih ada yang perlu diperhatikan pada pernyataan bahwa rokok sampoerna A-mild identik dengan anak muda, karena memiliki nilai terendah 3,40.
Berdasarkan perhitungan koefisien determinasi didapat nilai 31,8%. Hal ini berarti Event/sponsorship berpengaruh terhadap Brand Image Rokok HM Sampoerna sebesar 31,8%, sedangkan sisanya 69,2% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain. Akan tetapi berdasarkan perhitungan uji signifikansi diperoleh thitung sebesar 0,297 sedangkan ttabel sebesar 1,701, sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis ho diterima atau dengan kata lain tidak terdapat pengaruh antara Event/sponsorship terhadap Brand Image Rokok HM Sampoerna.
File Selengkapnya.....

Sponsor

Pengikut