Aktivitas Corporate Social Responsibility

ABSTRAKSI

Penelitian ini mengambil kasus di PT. Pasifik Satelit Nusantara karena PT. Pasifik Satelit Nusantara merupakan perusahaan satelit swasta pertama di Indonesia yang berpengalaman dalam pembangunan infrastruktur telekomunikasi dan teknologi satelit.
Perumusan masalah pada penelitian ini adalah ”Aktivitas CSR apa saja yang telah dilakukan oleh PT. Pasifik Satelit Nusantara”. Tujuan utama dari penelitian ini adalah memberikan deskripsi tentang Aktivitas Corporate Social Responsibility PT. Pasifik Satelit Nusantara.
Tipe penelitian ini bersifat deskriptif dengan metode kualitatif. Sumber data diperoleh dari wawancara dengan teknik trianggulasi, yaitu teknik pengecekan keabsahan data yang didasarkan pada sesuatu di luar data untuk keperluan mengecek atau sebagai pembanding tehadap data yang telah ada. Trianggulasi yang digunakan adalah trianggulasi sumber. Tahap trianggulasi yang dilakukan dengan cara mengumpulkan semua informasi seperti wawancara mendalam (in depth interview) yang diperoleh dari beberapa sumber data atau informan.
Dari hasil penelitian diketahui, bahwa Aktivitas Corporate Social Responsibility pada PT. Pasifik Satelit Nusantara telah sejalan dengan tujuan perusahaan yaitu melayani yang tak terlayani, juga ativitas CSR ini telah memberikan citra positif kepada perusahaan yang secara tidak langsung meningkatkan posisi perusahaan dibanding kompetitornya. Aktivitas CSR yang telah dilakukan diantaranya adalah (1) Penyediaan sarana telekomunikasi pada saat bencana Tsunami di Aceh (2) Bantuan Pembangunan SD Sengon Pasca Gempa di Yogyakarta (3) Menyediakan fasilitas pengiriman data pemilu via satelit di tiap kecamatan di Indonesia dan (4) Bantuan pembangunan Mesjid Darussalam di Cikarang
Perusahaan sejenis atau lainnya diharapkan dapat mengadopsi atau bahkan menciptakan aktivitas CSR, karena selain sangat mudah dilakukan, CSR juga sangat menguntungkan perusahaan dan stakeholder nya.File Selengkapnya.....

Sponsor

Pengikut