11 Tips Jitu untuk Mengerjakan Skripsi Teknik Informatika

11 Tips Jitu untuk Mengerjakan Skripsi Teknik Informatika

Hai, rekan2 mahasiswa/i teknik informatika yang sedang mengerjakan skripsi. Di sini, saya akan membagikan 11 tips jitu untuk mengerjakan skripsi. Beberapa tips tersebut adalah:

1. Pilih topik anda lebih awal. Bila anda mengambil program sarjana 4 tahun maka idealnya ketika memasuki semester ke-7, anda sudah harus memulai memilah-milah topik skripsi apa yang akan anda kerjakan. Anda akan membutuhkan sekitar 4-6 bulan untuk membaca, me-research dan menulis skripsi anda.
2. Pilih topik yang tepat untuk anda. Ini berarti pilihlah topik yang menarik minat anda atau topik yang anda kuasai. Hal ini akan menjadi motivasi tersendiri dalam proses penyelesaian skripsi anda. Topik skripsi bisa anda dapatkan di internet. Salah satu websitenya adalah di blog ini.
3. Buatlah gambaran awal (outline) mengenai perangkat lunak yang akan anda buat. Spesifikasi program, kerumitan, fasilitas, manfaat dan tujuan dari perangkat lunak harus diperjelas. Gambaran awal dapat juga dilakukan dengan melakukan research (penelitian) terhadap topik anda. Hal ini perlu dilakukan supaya anda memiliki gambaran terhadap apa yang akan anda kerjakan. Research dapat dilakukan dengan mencari bahan-bahan di internet atau dengan membaca teori dan konsep dari buku2.
4. Konsultasikan dan ajukan proporsal skripsi anda kepada dosen / ketua jurusan. Buat proporsal skripsi anda dan konsultasikan ke dosen anda. Di sini, anda perlu menjelaskan apa yang akan anda buat di dalam skripsi anda. Bila proporsal anda diterima, maka ini merupakan langkah awal dalam mengerjakan skripsi anda. YES ... :)
5. Carilah dosen pembimbing atau teman-teman yang dapat membantu anda. Cari dosen pembimbing yang menguasai topik anda, dapat memberikan saran, membantu dan membimbing anda (Tapi saya akui realitanya sulit sekali :( karena rata-rata semua dosen hanya bisa mengkritik dan bukannya membimbing secara penuh). Alternatif lain adalah cari teman yang dapat membantu anda. Semakin cepat anda menemukannya akan semakin baik.
6. Kumpulkan semua referensi yang berhubungan dengan skripsi anda. Apakah itu teori ataupun program jadi yang akan membantu pengerjaan skripsi anda? Ini akan memudahkan anda dalam mengerjakan skripsi. Untuk ini, anda bisa cari di internet. Mana tau ada program jadi yang sudah pernah dibuat orang lain dan ditawarkan di internet? h3x :) Great ... great ... Referensi bisa juga berupa skripsi-skripsi senior anda yang membahas topik yang satu jalur dengan topik anda.
7. Mulailah mengerjakan bab1 dan bab2 dari skripsi anda. Biasanya di jurusan teknik informatika, bab1 dan bab2 adalah pendahuluan dan teori. Dari referensi yang telah terkumpul pada poin-6, anda setidaknya bisa terbantu dengan mengambil format skripsi atau teori-teori yang sudah ada. Copy & Paste arr .... h3x :) Bila anda punya referensi yang tepat, poin ini tidak akan memakan waktu yang lama. Paling lama 1minggu.
8. Kerjakan program / perangkat lunak. Ini adalah bagian yang paling sulit dan membutuhkan waktu yang paling lama, karena kenyataannya tidak semua mahasiswa teknik informatika menguasai programming secara utuh. Umumnya, mahasiswa hanya menguasai dasar-dasar programming (yang diberikan institusi pendidikan) dan tidak dikembangkan, sehingga programming skill mahasiswa dirasakan kurang untuk mengerjakan program skripsi. Untuk poin ini, jangan kuatir. Anda masih bisa mencari teman-teman / senior-senior anda untuk dimintai bantuannya. Bagi yang mempunyai skill programming yang cukup, buatlah prototype program dalam 1-2 hari dan coding atau kerjakan program anda dalam waktu maksimal 1 bulan. Setelah program selesai, ini artinya anda sudah 80% selesai ... Take a break, refreshing & relax for a moment :)
9. Mulai menyusun bab3, bab4 dan bab5. Setelah program selesai, poin ini akan relatif mudah, karena inti dari ketiga bab ini adalah apa yang ada di dalam program anda. Bab3 adalah prototype / rancangan (ambil form2 dari program). Bab4 adalah algoritma yang diambil dari program. Copy & paste source code dan diganti jadi bahasa indonesia. Misalnya IF diganti jadi JIKA, THEN diganti jadi KEMUDIAN and so on ... Bab5? Gampang, simpulkan apa yang anda buat dan tulis kelemahan atau saran perbaikan program yang tidak dapat anda kerjakan.
10. Konsultasikan bab per bab dengan dosen pembimbing. Ini adalah POIN YANG PENTING. Beberapa institusi tidak terlalu mempersulit pengerjaan skripsi, paling2x diganti dan dikasih saran perbaikan yang sesuai dan relatif tidak menyulitka. Tetapi ada beberapa institusi yang mempunyai dosen killer yang akan sangat mempersulit pengerjaan skripsi anda. Tidak peduli bagaimana bagusnya skripsi anda, tetap harus ada perbaikan / coret2an yang dibuatnya di paper anda. Oh god ... :( But it's alright, i have some great tips here. Untuk menghadapi dosen killer seperti ini, yang harus anda lakukan adalah JANGAN PERNAH MENENTANGNYA. Pelajari dengan baik skripsi anda, konsultasikan dengan penuh percaya diri dan jangan pernah terlihat anda lebih tahu dari dosen anda. Beberapa dosen killer tidak akan dengan segan-segan 'membunuh' mahasiswa yang tidak menguasai skripsinya (mungkin karena mereka ingin mencari perhatian). Beberapa di antaranya mempersulit mahasiswa yang bergaya sok tahu. So, saran saya: KUASAI SKRIPSI ANDA & KONSULTASIKAN SECARA DUA ARAH. Note: bila anda diminta untuk membuat sesuatu yang di luar kemampuan anda. Anda bisa mencoba membalikkan permintaan tersebut dengan menyerahkannya kembali ke dosen tersebut. Caranya: minta dengan baik2 & hormat supaya dosen tersebut membimbing anda dengan penuh untuk menyanggupi permintaan tersebut, karena request tersebut benar2 di luar kemampuan anda. Percayalah, bahwa tips ini akan membuat dosen anda sedikit berpikir ketika dia meminta anda untuk menambahkan sesuatu yang rumit. But hopefully, your tutor is kind ... :)
11. Seminar Hasil & Meja Hijau. Saran saya sangat singkat, KUASAI SKRIPSI ANDA bila anda tidak ingin menjadi 'sasaran tembak' dalam event tersebut. Pelajari minimal dalam 1 minggu dari teori sampai source code program. Bila saatnya tiba, anda harus tampil percaya diri sehingga dosen anda akan mendapatkan image bahwa anda memang bukan mahasiswa sembarangan :) Bila anda menguasai poin ini dengan baik, tidak mustahil anda akan mendapat nilai 'A' untuk skripsi anda. Congratulations, you've just got your title.

Semoga 11 tips ini akan bermanfaat untuk rekan2 semua.

Fight for Your Title, Bro / Sis !!!
Joni Gozali

posted by Joni Gozali at 6:05 AM
55 Comments:

*

hallo pak joni....
aq bingung nich mau cari judul apa. aq lebih tertarik ke bidang sistem informasi aq jurusan teknik informatika. aq mohon bantuan dari bapak untuk bisa bantu aq mengarahkan ke bidang sistem informasi. misalnya data mining.

By Blogger bella, At December 8, 2007 9:19 PM
*

Hai, Bella ...

Maaf, saya telat banget baru balas. Agak sibuk minggu2 ini :) Apakah di univ anda, jurusan TI diperbolehkan mengambil skripsi u/ jurusan SI? Di univ saya, tidak bisa. But it's ok, sejauh dosennya setuju2 saja :) Anda bisa kasih contoh gak judul skripsi senior anda yang berada di jurusan TI tetapi mengambil SI? Biar saya punya gambaran yang lebih jelas.

By Blogger Joni Gozali, At December 10, 2007 11:40 AM
*

pa kabar pak joni...
saya lagi ngerjain TA tentang membuat simulasi tentang lampu merah. tapi gak tau mo cari referensi kemana. kira-kira pak joni bisa kasih saran gak ya?

By Anonymous Anonymous, At February 25, 2008 5:42 PM
*

Hai, anonymous (tanpa nama ;p). Maksud anda, simulasi lalu lintas? Saya dulu pernah iseng2 membuatnya, namun hanyalah program yang simple. Saya buat dengan simple. Bila anda menginginkannya, silahkan hubungi saya via email.

By Blogger Joni Gozali, At February 26, 2008 12:27 AM
*

hai pak Joni....

saya Andi,smt 6 di salah satu PTN di Malang.saya bngung mo cari jdul skripsi saya,inginya c ttg jaringan gtu,tpi saya msih bngung judulnya ttg apa,mngkin pak Joni bsa bntu saya....
makasih sblumnya....

By Anonymous Anonymous, At March 12, 2008 11:01 AM
*

Hai, Andi. Untuk topik jaringan, saya punya refernesi mengenai game jaringan yang dibuat dengan VB (silahkan hubungi saya melalui email). Sedangkan, untuk bahasa c, saya tidak pernah membuat aplikasi jaringan dalam c. Maaf, tidak bisa membantu.

By Blogger Joni Gozali, At March 12, 2008 4:21 PM
*

siang,pak Joni,,,
saya mahasiswi D3 manajemen infromatika smtr 4. Sya masih bingung untuk proyek tugas akhir saya nanti. Saya tertarik dengan pembuatan simulasi percobaan2 kimia untuk mempermudah pembelajarannya. Selain menggunakan macromedia flash, apa lagi yag bisa digunakan untuk membuat simulasi itu agar terkesan beda?
terima kasih

By Blogger nissa, At March 30, 2008 11:34 AM
*

Hai, Nissa. Untuk topik learning software (perangkat lunak pembelajaran), saya pikir aplikasi Macromedia Flash + Action Script akan cukup membuat program anda interaktif dan menarik untuk digunakan. Sayangnya, mata pelajaran kimia termasuk salah satu mata pelajaran yang tidak saya sukai. Jadi, saya tidak bisa memberikan saran detil :)

By Blogger Joni Gozali, At March 30, 2008 1:07 PM
*

salam kenal pak joni..
aq lagi ngerjakan skripsi n lagi butuh banyak bantuan??
judul skripsi saya tentang sistem pendukung keputusan?
tapi saya masih bingung dalam penggunaan metodenya??
apakah anda bisa memberi saya trik2 untuk penyelesainnya?
thx..

By Anonymous Anonymous, At May 19, 2008 11:34 AM
*

Hai, anonymous...

SPK apa yang sedang anda kerjakan? Anda bisa menghubungi saya melalui email untuk diskusi lebih lanjut.

Maaf, baru balas posting anda sekarang, karena baru balik dari luar kota.

By Blogger Joni Gozali, At May 24, 2008 8:39 AM
*

permisi pak joni..

saya semester depan akan skripsi, tapi belum mendapat topik yg pas.. inginnya sih membuat skripsi tentang citra, tp masi bingung mau tentang citra yg bagaimana dan menggunakan metode apa.. mungkin bapak bisa membantu?

terima kasih sebelumnya

By Anonymous Steven, At May 27, 2008 2:51 PM
*

Hai, Steven. Banyak yang bisa anda angkat dari citra, dari metode pengolahan citra, seperti: edge detection sampai ke sekuritas, seperti: teknik enkripsi/dekripsi untuk data bersifat citra (gambar bmp, gif, dll). Saya sarankan anda untuk mencari beberapa referensi mengenai citra (mungkin dari senior anda yang sudah tamat atau dari teman) sebagai gambaran permsalahan yang akan anda hadapi nantinya.

Untuk diskusi, anda juga bisa menghubungi saya di email.

By Blogger Joni Gozali, At May 27, 2008 7:40 PM
*

Salam kenal pak joni,,
Saya pendatang baru disini...
begini pak,saya akan melaksanakan TA kurang lebih 1 bulan lg,di skul saya TA ini dikerjakan berkelompok beragnggotakan 3 orang,materi pokoknya mencangkup Web programming,dekstop programming,dan jaringan client server berbasis linux..untuk itu,1 anak memegang 1 pokok bahasan,tp diantara 3 pokok bahasan tersebut harus saling berhubungan..untuk webnya bisa menggunakan PHP,JSP,ASP..tp mgkin kelompok saya pake PHP (yg gampang,hhe..) terus dekstop programmingnya pake VB.net,delphi.net,atw java..pngnnya sch saya pake java.trs untuk servernya bisa menggunakan fedora,debisan,slackware...
Minta tolong pak,saya bingung mw mengerjakan proyek apa,siapa tw solusi bapak bisa membantu saya..terima ksaih

By Anonymous clark - kent, At June 26, 2008 10:04 AM
*

pagi...
pak joni....
pak saya bingung nich...saya ank Ti smt7 pusing cari judul skripsi...pinginnya c saya ambil judul skripsi yang berkaitan tentang vb,java ato foxpro tapi diuniv saya udah g boleh tentang sistem informasi...tolong saya ya pak...

By Anonymous Anonymous, At June 28, 2008 10:24 AM
*

Hai, Clark Kent ...

Banyak proyek yang bisa dikerjakan. O ya, anda tidak memberikan informasi detil apakah topik SI / database diperbolehkan di dalam kampus anda untuk jursan TI. Bila diperbolehkan, saya pikir mengambil topik web e-commerce akan menjadi solusi yang paling efektif.

Dari sisi referensi, juga sudah banyak source web e-commerce dalam bentuk PHP yang diberikan secara gratis.

By Blogger Joni Gozali, At June 28, 2008 10:55 AM
*

Hai, Anonymous ...
Selain topik SI, masih banyak bidang yang bisa diambil di dalam jurusan TI, seperti: topik security (keamanan / kriptografi), game, image processing, AI, simulasi, dan masih banyak topik lainnya. Untuk lebih detilnya, anda bisa berdiskusi dengan saya di email saya.

By Blogger Joni Gozali, At June 28, 2008 10:56 AM
*

lam kenal pak joni..
saya acheem mahasiswa jurusan TI..
rencananya saya semester depan mau skripsi, tapi masih bingung, blm dapet topik..
saya pengennya yang berhubungan sama jaringan..
mohon bantuannya :P
thanks..

By Anonymous Anonymous, At July 5, 2008 11:01 AM
*

Hai, Acheem. Banyak topik yang bisa dikembangkan dari jaringan, mulai dari game jaringan hingga aplikasi jaringan. Anda bisa menggunakan windows socket untuk mengembangkan aplikasi bersifat jaringan yang dapat mengkoneksikan beberapa komputer sekaligus.

By Blogger Joni Gozali, At July 7, 2008 9:34 AM
*

salam kenal pak joni, apa bp punya sistem penjadwalan mata kuliah ... Mohon bantuan pak, bentar lagi mo buat skripsi neh...

By Blogger bamb, At July 8, 2008 10:31 PM
*

Hai, Bamb. Metode penjadwalan kuliah apa yang ingin anda pakai? Saya pernah mempelajari welch-powell dan satu lagi algoritma (namanya saya lupa).

Untuk diskusi, anda bisa menghubungi saya via email juga.

By Blogger Joni Gozali, At July 10, 2008 9:44 AM
*

hai Pak Joni. Saya Mega, mahasiswi jurusan IT(akuntansi). Saya mau buat skripsi, tapi masih bingung apa yang mau dibuat, bapak bisa tolongin saya untuk kasih judul ga? yang berhubungan dengan IT, tapi ada akuntansinya. Sebelumnya saya uda buat sapai bab 2, tentang hutang, tapi ternyata perusahaannya tidak mau memberikan data2nya dikarenakan saya dan pemilik ada slek. setela itu, saya tanya perusahaan lain, dan jawabannya pun sama. data perusahaan tidak bisa diberikan begitu saja, karena itu rahasia. saya juga diharuskan bikin program,sementara saya tidak begitu mengerti program, mungkin pilihan saya jatuh pada MYOB atau JAVA...
tolong saya Pak, saya butuh solusinya secepat mungkin.
thanks before

By Anonymous Anonymous, At July 28, 2008 10:49 PM
*

Hai Pak, saya Mega. Saya mau membuat skripsi yang berhubungan dengan IT (akuntansi), tapi saya tidak mau menggunakan perusahaan.
Apakah bapak tau judul skrpsi apa yang harus saya ambil? mohon bantuannya.
o iya, email bapak apa??

By Anonymous Anonymous, At July 28, 2008 11:27 PM
*

Hai, Anonymous. Pembahasan mengenai hutang hanya perlu pada proses cara kerjanya dan tidak membutuhkan data2 real. Gunakan saja data fiktif, berhubung perusahaan memang tidak mungkin memberikan data2 yang dianggap rahasia.

Saya lihat topik yang ingin anda ambil hampir sama dengan topik Sistem Informasi. Anda bisa memperhatikan lingkungan bisnis di sekitar anda dan mengambil salah satu sistem untuk dibahas di topik skripsi anda.

Untuk diskusi lebih lanjut, anda bisa juga menghubungi saya di email.

By Blogger Joni Gozali, At July 29, 2008 8:33 AM
*

pak joni. selamat siang.
saya mau tanya tentang skripsi pengolahan citra tentang face authentication tapi mengguakan topik modified local binary pattern. apakah bapk bisa menjelaskan? kalo mungkin ada link yang bpak buat dan saya harus beli bisa diperlihatkan? terima kasih sebelumnya.

salam wasalam.

By Anonymous Dimas Nugroho, At August 24, 2008 2:52 PM
*

Hai, Dimas. Saya belum pernah mempelajari teknik face recognition seperti yang anda sebutkan. Maaf, tidak bisa membantu.

Untuk link referensi, anda bisa coba men-google teknik yang anda gunakan. Mudah-mudahan ada link referensi yang bisa membantu.

By Blogger Joni Gozali, At August 25, 2008 4:23 AM
*

walah gitu ya pak. Ummm. ok. saya udah coba cari si pak. tapi menurut saya punya saya ini merupakan metode baru. jadi agak susah didapatkannya. ok pak joni. makasih banyak. pagi

By Anonymous Dimas Nugroho, At August 25, 2008 9:18 AM
*

halo pak..

saya mahasiswa TI.
saya sedang binggung cari topik apa buat skripi.
pengennya sich buat program menggunakan Java or Vb.
tapi yang mengarah ke sistem informasi.
bapak ada saran ga??
topik yang bisa saya jadikan skripsi.

By Blogger axel, At September 11, 2008 10:38 PM
*

Halo Pak, Saya brian....mahasiswa TI, sedang persiapan mengambil skripsi...tapi kendalanya kami harus membuat Proposal untuk di ajukan ke Perusahaan,,,,,Saya belum tahu format proposal pengajuan Skripsi ke Perusahaan/Instansi pemerintah...mohon bimbingannya...Terima Kasih

By Anonymous Anonymous, At September 11, 2008 10:56 PM
*

kalo skripsi tentang sistem pakar ada ga ya??

bisa pilih???

By Blogger rei, At September 15, 2008 10:09 PM
*

hi pak joni..saya yosef anak IT multimedia.saya bingung mencari topik skripsi.apakah anda mempunyai topik skripsi tentang IT multimedia??thx..

By Blogger yosef, At September 17, 2008 1:33 AM
*

wahhh... wa lage buat game jaringan.. da jadi ni proposal na tinggal acc doank , smoga tar seminar proposalna diterima

By Anonymous Anonymous, At September 19, 2008 12:01 AM
*

pak saya lagi bingung buat skripsi soping card buat web e-commerce,bisa bantu saya gak pak?sekalian pembayaran pake kartu kredit atau paypal.minta bntuanya ya pak.email saya suga_fa@yahoo.com

By Anonymous Anonymous, At October 27, 2008 2:12 AM
*

salam kenal pak joni..
nama saya andy, mahasiswa semester VII di sebuah ptn di pekanbaru.
saya bingung mau nyari jdl sripsi, inginnya tentang web, mungkin pak Joni bisa bantu saya
terima kasih sebelumnya..

By Blogger bluefantasi, At October 28, 2008 4:38 PM
*

Halo bos joni,
saya bingung cari judul ta informatika. Maunya sih judul di bidang jaringan. Mohon bantuannya bos joni untuk memberikan arahan.

Terima kasih

By Blogger Escalade, At November 21, 2008 8:38 PM
*

selamat siang Pak Joni..
saya deon anak informatika angkatan 2004 di PTS jogja..
gini pak, saya kan sudah terbilang mahasiswa yang harusnya sudah lulus, tapi kenyataannya saya blun lulus juga.hehe
pak, mau tanya judul nee..
saya tertarik tentang web. dan bahasa pemrograman yang saya sedikit kuasai adalah PHP. tulung dunk pak untuk bantu saya nemuin judul atau paling tidak ya gambaran tentang judul skripsi saya..
tambahan, saya juga lemah di programing..
trimakasih sebelumnya pak..

By Blogger deon_surya, At November 30, 2008 3:58 PM
*

pak joni mahasiswa semester 7, konsentrasi jaringan...
kira2 skripsi apa yang cocok buat saya ya...yang gampang dan ngtrend...
thanks

By Anonymous Anonymous, At December 16, 2008 11:41 AM
*

pak,,,,
gmn y,sy binggung ni,,,,
saya diInformatika ngamBiL SI dan Jaringan,tp saya jg pGn ke desaign gt,,sampe sKrg sy bLm tau mw bkin apa skripsinya. Tlg banTuannya ya pak,,, Thx y pak...

By Blogger silvia, At December 19, 2008 9:19 PM
*

Halo pak joni
ini saya mau ambil skripsi yang berhubungan dengan database tapi saya bingung mau ngambil apa yang cocok buat jurusan TIF?

By Anonymous WW, At January 5, 2009 5:35 PM
*

Muph ni saya pendatang baru.. sebulan lagi saya TA nich..
untuk S1.. trus menurut anda judul yang bagus apa ya..
sedangkan dikampus saya gk boleh pake Visual Besik...

MInimal PHP dan My SQL...


please help me

By Anonymous Anonymous, At January 7, 2009 9:05 PM
*

halo pa joni...
saya lagi cari referensi buat skripsi saya dan saya ingin mencoba membuat sebuah simulasi tentang efek negatif/bahaya dari rokok

terima kasih

By Blogger anarexia, At January 11, 2009 2:51 AM
*

Hi, salam kenal Pak Joni. Saya mahasiswa Manajemen Informatika. saya sedang nyusun TA untuk S1 saya. Saya ada rencana mengambil tema tentang e-commerce. intinya tentang transformasi bisnis tradisional ke bisnis online (e-commerce). mohon saran nya. trims

By Blogger ?Gie?, At January 15, 2009 3:35 PM
*

hello pa joni
saya sudah semester akhir, fakultas IT, bidang studi SISTEM INFORMASI. saya masih binggung mencari judul!!!
klo tentang Ecommerce, apa judul-nya dan hal apa yang di ankat dari tema tersebut??
Mohon jawabannya ????

By Blogger Lutfi, At January 19, 2009 9:28 AM
*

hallo pak joni..
aq lg binggung banged neh,kira2 judul yg cocok bwt tugas ku apa ya?soalnya tugas nya tentang "Pendistribusian Surat Izin Berlayar (SIB)"..
aku juga ga tw harus pake metode apa?
apa bapak bisa kasih saya saran..
"Help Me"

By Anonymous Anonymous, At January 19, 2009 5:08 PM
*

hallo...pak joni.....
saya,bingung pak, skrng saya mau skripsi tapi belum ada judul..sementara ini saya tertarik pada bidang AI taw microcontroller ,,,bikin games taw bikin alat micro...tolong minta referensinya pak...

By Anonymous Anonymous, At January 30, 2009 7:02 PM
*

hi pak joni..
saya izmy skrng sm 6 TI, sa lg bingung mw ambil skripsi dari bidang apa...tlng sarannya??sa ambil RPL di penjurusan dan kurang minat di bidang jaringan.trimakasih

By Anonymous Anonymous, At February 2, 2009 6:36 PM
*

hi pak joni...
q Mira upn 05 gi binguuuuung cri judul skripsi pnya ga contoh project aplikasi pembelajaran buat anak sd or tk gitu rencana saya mau pake judul aplikasi pembelajaran bahasa mandarin untuk anak2 belum konsul c, kira2 gmn menurut p'joni....makasih sebelumnya
enbe ; kalo boleh Mira minta almt emailnya y...

By Anonymous Anonymous, At February 3, 2009 6:06 PM
*

hai pak joni...
saya montaz mahasiswa teknik informatika...
saya pengen ngajukan judul skripsi mengambil tema tentang sistem Informasi Geografis (GIS)..
saya minta tolong bantuan bpk agar judul saya bisa di terima...
metode yang bagaimana agar judul saya di terima?

By Anonymous Anonymous, At February 6, 2009 3:26 PM
*

bisa minta referensi untuk membuat program barbasis client server dengan Vb.06 n My Sql, aku bingung ne...
tolong dibantu ya

By Blogger Fhe, At February 6, 2009 10:46 PM
*

minta refensi, ak mw buat sebuah program berbasis client server dengan Vb.06 n My Sql

By Blogger Fhe, At February 6, 2009 10:52 PM
*

bpk..
saya mahasiswi smtr 4 jur sistem informasi..
di smtr 4 ne sya sdh tertarik buat nyicil program untuk skripsi saya..
saya tertarik di konsentrasi rekayasa perangkat lunak.
menurut bapak judul skripsi/program yg mudah n gampang di kuasai itu appa pak?
Terima Kasih

By Anonymous Anonymous, At February 23, 2009 9:44 PM
*

slam knl mas joni..
sya cholid baru smester 3 TI, saya punya rencana untuk menyiapkan skripsi jauh2 hri,biar ntar ga' keteteran, emmm kira2 topik bahasan pa yg pas buat saya, sedangkan untuk bahasa pemrograman sya msh terkendala pd C++...?
trimakasih..

n_n

By Anonymous Anonymous, At February 25, 2009 9:03 PM
*

salam kenal
saya mhs smstr 8 jur T.Informatika.
skrg sya merasa kesulitan dalam menentukan skripsi, sya lebi condong dalam jaringan, namun saya belum menentukan bidangnya, apakah harus kemanan atau yg lainnya.
bisakah bapak memberikan list bidang2 yang berhubungan dengan jaringan?
thanks

By Blogger Gill Anck, At March 5, 2009 1:36 PM
*

pak...
aku bingung nh mau cari judul apa..
sampai sekarang aku kuliah semester 6 belum tau aku minat di bidang apa. Jaringan, SI, multimedia, database, pemrograman, dll belum ada yang aku kuasai sepenuhnya. Jujur ya pak selama aku kuliah aku hanya menghafal teori makanya sampai saat ini IPK aku bagus, tp sayang belum bisa praktek ap2. Makanya saya mohon bantuan bapak, qra2 judul apa yang harus saya pilih, saya belum mendapat ide apa2. Mohon sarannya y pak. Trimakasih.

By Blogger melati ayu, At March 14, 2009 2:26 PM
*

halo pak..

mohon bantuannya, karna tgl 24 maret ini akan sidang proposal(judul).
judul skripsi saya "sistem informasi pemesanan futsal berbasis web"
kira2 judulnya bisa di jadiin skripsi ga pa?
karna teman saya judulnya tentang pemesanan juga ditolak.

kemampuan sistemnya:
1. bisa melakukan pemesanan secara online 1-2 minggu sebelumnya/ atau mugnkin 1bln sebelumnya.
2. pelaporan yang terkomputerisasi kepada manager.
3. bisa melakukan pencarian data pelanggan/member
4. bisa melakukan update informasi mengenai tempat futsal tersebut mis(harga perjam untuk hari ini, informasi tournament, dan informasi mengenai tempat tersebut)
5. bisa jadi billing
6. sistem bisa memberi tahukan kepada pemain bahwa waktunya sudah selesai dengan cara alarm otomatis (klw yang ini butuh perangkat lainnya ga?)

kira2 ada tambahan lagi ga pa?
klo ada referensi mohon dikasih tau juga.

terima kasih sebelumnya.

By Anonymous Anonymous, At March 15, 2009 12:37 AM
*

Maaf, buat semua pengunjung blog ini, saya tidak sempat membalas semua pertanyaan anda di blog saya, karena kesibukan saya. Sebagian besar sudah menghubungi saya di email dan saya sudah balas. Untuk pertanyaan yang belum dibalas atau ada pertanyaan lain, bisa langsung didiskusikan di email saya: joni.gozali@gmail.

By Blogger Joni Gozali, At March 17, 2009 11:24 AM

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]


<< Home
Selamat Datang
Anda adalah pengunjung ke- jumlah pengunjung blog skripsi teknik informatika

Cari metode / topik skripsi TI :

Google

About Me

Name: Joni Gozali
Location: Indonesia

View my complete profile
Previous

* Dapatkan Referensi Skripsi Teknik Informatika Berk...

Powered by Blogger

Subscribe to
Posts [Atom]


Untuk mendapatkan referensi JUDUL SKRIPSI TI secara gratis,
silahkan rekan-rekan isi nama dan email pada form di bawah ini.
(Nb: Periksa email account anda segera setelah anda mengisi form
di bawah ini, karena engine saya akan mengirimkan email konfirmasi.
Klik pada link tersebut sebagai persetujuan untuk menerima mail yang
berisi judul skripsi teknik informatika.

Sponsor

Pengikut