Pengaruh Customer Care Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Supermarket

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah
Dewasa ini pertumbuhan bisnis ritel di Indonesia mengalami peningkatan yang pesat. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya toko eceran atau retail store yang didirikan khususnya di Jakarta seperti Carrefour, Ranch Market, Hero Supermarket, Giant, Hypermart, Makro, Superindo, Alfamart, Indomaret dan lain-lain. Banyaknya toko eceran yang berdiri tidak lepas dari tuntutan masyarakat luas akan kebutuhan barang dan jasa. Perusahaan-perusahaan ritel tersebut tidak hanya menawarkan kebutuhan barang saja, tetapi juga menawarkan tempat berbelanja yang nyaman.
Saat ini, semakin banyak bisnis-bisnis ritel sejenis yang berdiri dan menawarkan produk yang relatif sama, menyebabkan konsumen mempunyai banyak pilihan untuk melakukan pembelian dalam memenuhi kebutuhannya. Kondisi tersebut dapat menimbulkan persaingan yang ketat antar bisnis ritel untuk meraih konsumen. Di toko mana konsumen akan melakukan pembelian hal ini tergantung dari produk dan pelayanan yang ditawarkan oleh pihak toko, seperti ; harga yang relatif terjangkau, produk yang lengkap, diskon yang menarik, tempat yang nyaman dan strategis, pelayanan yang ramah dan lain sebagainya.
Menghadapi persaingan ini, perusahaan dituntut untuk dapat mempertahankan pasar. Salah satu usaha pemasaran yang dapat dilakukan oleh perusahaan dalam menghadapi persaingan antar bisnis ritel tersebut adalah dengan memberikan Customer care yang baik. Adanya perubahan motif seseorang untuk berbelanja, dimana kegiatan berbelanja bukan hanya sebagai kegiatan fungsional untuk membeli barang-barang saja, tetapi juga sebagai kegiatan mengisi waktu untuk jalan-jalan. Sehingga ketika memasuki sebuah toko konsumen tidak hanya akan memberikan penilaian terhadap produk yang ditawarkan, tetapi juga akan memberikan penilaian tentang Customer Care yang dilaksanakan oleh pengecer. Customer Care berarti memberikan perhatian pada pelanggan dengan memelihara dan mempertahankan pelanggan yang sudah ada dan menambah pelanggan yang baru dengan cara memberikan barang yang bermutu dan hubungan yang berlanjut serta berkesinambungan antara penjual dan pelanggan.
Hero Supermarket sebagai pelopor bisnis ritel di indonesia meluncurkan slogan barunya Always my Hero, hal ini merupakan salah satu upaya Hero untuk lebih berorientasi dan fokus pada pelanggan. Dengan fokus pada pelanggan berarti Hero berupaya untuk selalu melaksanakan customer care yang baik dalam setiap pelayanannya. Sebagai pelopor pasar swalayan modern di indonesia, Hero juga senantiasa memperhatikan perubahan dan perkembangan yang ada dimasyarakat, serta maraknya persaingan di pasar modern.”Dengan tag line Always my Hero, membantu Hero menghadirkan konsep supermarket yang dekat dan mengerti pelanggannya, sehingga Hero bisa menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari masyarakat”. Hal tersebut merupakan salah satu kiat Hero mempertahankan pasar ditengah persaingan yg begitu ketat.
Untuk dapat menciptakan konsumen yang setia maka diperlukan pelaksanaan Customer Care yang baik. Loyalitas tercipta apabila perusahaan dapat memenuhi harapan-harapan pelanggan akan suatu produk dan pelayanan. Harapan-harapan pelanggan tersebut dapat terpenuhi melalui customer care. Sebaliknya apabila perusahaan tidak dapat memenuhi kebutuhan dan harapan konsumen, maka akan berdampak pada loyalitas konsumen untuk berpaling kepada pesaing dan tidak melakukan pembelian ulang karena merasa tidak puas akan pelayanan yang diberikan. Apabila perusahaan ingin memenangkan persaingan, maka sejak dini perusahaan harus dapat memberikan yang terbaik bagi pelanggannya. Pemasar dalam memasarkan produknya tidak hanya terfokus pada pemenuhan kebutuhan (need) konsumen dengan produk, tetapi dapat memenuhi keinginan (want) dan harapan konsumen dan bahkan melampaui harapan konsumen itu sendiri. Sehingga bukan hanya memuaskan konsumen, tapi juga menyenangkan konsumen.
Mengingat betapa pentingnya peranan pelanggan dalam dunia pemasaran bisnis ritel khususnya, maka penulis tertarik untuk menyusun skripsi ini dengan judul : ”PENGARUH CUSTOMER CARE TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA HERO SUPERMARKET CABANG PLAZA SENAYAN JAKARTA”.
1.2 Pembatasan Masalah
Berdasarkan keterbatasan yang ada pada peneliti seperti waktu, tenaga, biaya yang tersedia dan pengkajian teori-teori yang relevan serta kemudahan-kemudahan dalam melaksanakan penelitian ini dibatasi pada masalah-masalah yang berkaitan dengan ”Pengaruh Customer Care Terhadap Loyalitas Konsumen Hero Supermarket Cabang Plaza Senayan Pada PT Hero Supermarket Tbk, Gedung Hero Jln. Gatot Subroto 177A Kav. 64 Jakarta Selatan 12870.

1.3 Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang penelitian tersebut, maka permasalahan yang akan dibahas dirumuskan sebagai berikut :
1. Bagaimana pelaksanaan customer care menurut persepsi konsumen di Hero Supermarket cabang Plaza Senayan ?
2. Bagaimana tingkat loyalitas konsumen Hero Supermarket cabang Plaza
Senayan ?
3. Seberapa besar pengaruh customer care terhadap loyalitas konsumen
di Hero Supermarket cabang Plaza Senayan ?

1.4 Tujuan Penelitian
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah :
1. Untuk mengetahui persepsi konsumen atas pelaksanaan customer care di Hero Supermarket cabang Plaza Senayan.
2. Untuk mengetahui tingkat loyalitas konsumen Hero Supermarket cabang Plaza Senayan.
3. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh customer care terhadap loyalitas konsumen di Hero Supermarket cabang Plaza Senayan.

1.5 Manfaat Penelitian
1. Bagi Perusahaan
Agar dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan bagi perusahaan dalam
menerapkan customer care di Hero Supermarket Cabang Plaza Senayan
Jakarta.
2. Bagi Penulis
Untuk mendapatkan wawasan dan pengetahuan yang lebih mengenai pengaruh
customer care terhadap loyalitas konsumen.
3. Bagi Institusi
Diharapkan dapat dijadikan literature pelengkap dan sumber bagi peneliti sejenis
dimasa yang akan datang.

1.6 Sistematika Penulisan
Sistematika penulisan ini dimaksudkan untuk memberikan gambaran dan pemahaman singkat mengenai pembahasan masalah dalam penulisan skripsi ini, agar dengan mudah mengetahui pembahasan bab per bab.

Hasil penelitian ini disajikan berdasarkan sistematika penulisan sebagai berikut :
File Selengkapnya.....

Sponsor

Pengikut