Pengaruh Harga, Promosi Dan Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian Produk Alkohol One Med Di Kota

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Setiap perusahaan dituntut untuk siap menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat dengan perusahaan-perusahaan lain dari seluruh dunia untuk menghadapi globalisasi yang sering dikatakan era dunia tanpa batas. Dengan demikian lingkungan yang dihadapi suatu perusahaan juga akan menjadi semakin kompleks. Secara nasional walaupun ekspor merupakan salah satu jenis usaha yang dapat memberikan tambahan/ pemasukan devisa negara, namun kompleksitas persaingan yang dihadapi perusahaan tersebut akan memaksa setiap perusahaan untuk selalu berusaha meningkatkan pelayanannya terhadap konsumen.
Dalam persaingan bisnis yang bebas ini, syarat agar suatu perusahaan dapat sukses dalam persaingan tersebut adalah berusaha mencapai tujuan untuk menciptakan dan mempertahankan pelanggan. Agar tujuan tersebut tercapai, maka setiap perusahaan harus dapat menghasilkan dan menyampaikan barang dan jasa yang diinginkan konsumen sesuai dengan kebutuhan dan keinginannya.
Demikian halnya dengan produk alkohol ¬One med di CV. Global Surya Medika Semarang, harus berusaha keras untuk memenangkan persaingan agar bisa selalu dihati konsumen.
Pada CV. Global Surya Medica yang mengelola pemasaran produk alat kesehatan dari PT. Intisumber Hasil Sempurna yang memproduksi alat kesehatan One med yang termasuk didalamnya adalah alkohol telah menawarkan produknya dengan harga yang cukup bersaing dibandingkan dengan perusahaan distributor yang lain. Namun, dikarenakan kurang tepatnya strategi promosi yang diterapkan oleh CV. Global Surya Medika, karena stragegi promosi yang digunakan tidak menggunakan konsep promotional mix melainkan hanya menggunakan sales door to door sehingga penjualan produk alkohol One med selalu berfluktuasi bahkan cenderung mengalami penurunan.
Data Penjualan Produk One Med
CV. Global Surya Medica tahun 2006

No Bulan Omset Penjualan
(Rupiah) Target
(Rupiah)
1 Januari 18.265.700 25.000.000
2 Februari 19.506.550 25.000.000
3 Maret 17.640.750 30.000.000
4 April 18.680.000 30.000.000
5 Mei 19.564.250 30.000.000
6 Juni 18.574.650 35.000.000
7 Juli 17.950.450 35.000.000
8 Agustus 18.875.050 35.000.000
9 September 18.564.550 40.000.000
10 Oktober 18.560.550 40.000.000
11 Nopember 17.640.000 40.000.000
12 Desember 17.450.550 40.000.000
Sumber : Data Penjualan CV. Global Surya Medica
Berdasarkan data tersebut diatas dapat diketahui bahwa volume penjualan produk alkohol One Med di CV. Global Surya Media mengalami staknasi bahkan mengarah pada penurunan.
Fokus perhatian manajemen pemasaran adalah pelanggan dan pesaing. Dalam mekanisme perusahaan dan pesaing berlomba-lomba menghasilkan dan menawarkan “Value“ bagi pelanggannya dan perusahaan yang berhasil mengikat seorang pelanggan adalah perusahaan yang berhasil menyajikan superior value.
Dalam persaingan bisnis yang bebas ini, syarat agar suatu perusahaan dapat sukses dalam persaingan tersebut adalah berusaha mencapai tujuan untuk menciptakan dan mempertahankan pelanggan. Agar tujuan tersebut tercapai, maka setiap perusahaan harus dapat menghasilkan dan menyampaikan barang dan jasa yang diinginkan konsumen sesuai dengan kebutuhan dan keinginannya.
Para pengusaha sebagai produsen tidak saja sekedar bertugas untuk menciptakan suatu produk atau jasa semata, tetapi juga disertai kemampuan untuk mengetahui kebutuhan-kebutuhan konsumen akan suatu produk atau jasa. Pengusaha berlomba-lomba untuk mencari faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam memilih suatu produk dan menyusun strategi pemasaran yang tepat, sehingga dapat mendominasi pasar yang ada. Menurut Dharmmesta (1997), keberhasilan perusahaan menjalin hubungan dengan pelanggan, sehingga dapat bertahan dalam jangka panjang dan dapat mempertahankan hubungan dengan pelanggan secara berkesinambungan merupakan suatu keunggulan kompetitif bagi perusahaan tersebut.
Sedangkan dari pihak konsumen sendiri dituntut untuk semakin kritis dalam memilih barang kebutuhannya, karena begitu banyak pilihan di pasaran. Salah satu upaya untuk mengenali keadaan konsumen yang menjadi sasaran penjualan adalah dengan mempelajari bagaimana prilaku mereka dalam membeli suatu barang atau produk tertentu. Pada dasarnya setiap kegiatan pembeliaan yang nyata merupakan salah satu tahap dari keseluruhan proses mental dan kegiatan-kegiatan fisik lainnya yang terjadi dalam proses pembelian pada suatu periode waktu serta pemenuhan kebutuhan tertentu. Umumnya sebelum perilaku membeli terjadi didahului oleh adanya minat atau keinginan untuk membeli yang didorong oleh suatu motif tertentu. Minat membeli antara individu yang satu dengan yang lain tidak selalu sama dan dipengaruhi oleh banyak faktor. Di samping itu saat ini pihak konsumen lebih rasional dan lebih cermat dalam melakukan pembelian serta mengumpulkan informasi mengenai suatu produk atau barang yang akan dibelinya serta pemilihan tempat di mana pembelian tersebut akan dilakukan.
Sehingga permasalahan yang timbul yaitu keputusan pembelian produk alkohol One Med dipengaruhi oleh harga, promosi dan kualitas produk. Dari segi harga ternyata produk yang ditawarkan dari alkohol One Med lebih mahal daripada produk pesaing, dari segi promosi yang digunakan hanya mengandalkan sales door to door, kualitas produk yang dihasilkan masih kalah dengan produk pesaing.
Sehubungan dengan banyaknya persaingan dibidang alat-alat kesehatan yang ada di pasaran, maka CV. Global Surya Medica yang merupakan salah satu distributor yang mengelola pemasaran produk alat kesehatan trmasuks alkohol dari PT. Intisumber Hasil Sempurna di Semarang mengantisipasi persaingan tersebut dengan memperhatikan beberapa hal yang berhubungan dengan peningkatan pemasaran produk alkohol One med antara lain dengan menawarkan harga yang bersaing dibandingkan dengan distributor yang lain namun hal tersebut belum didukung dengan strategi promosi yang tepat.
Berdasarkan uraian di atas maka dalam penelitian ini digunakan judul : “Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas terhadap Keputusan Pembelian Produk alkohol One Med di Kota Semarang”.
B. Rumusan Masalah
Atas dasar uraian diatas, maka penting kiranya dilakukan suatu penelitian secara empiris yang mampu memberikan jawaban atas pertanyaan faktor –faktor apa yang mempengaruhi keputusan pembelian alkohol, dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut :
File Selengkapnya.....

Sponsor

Pengikut